Oleh: FAHMY | 17 Agustus 2009

question for all

Assalamualaikum wr wb

wah dah lama gak ngotak atik friendster… gak terasa ramadhan bentar lagi tiba… MARHABAN YA RAMADHAN…

mudah2an kita smua bisa sampai pada ramadhan yang tinggal hitungan hari, amiin.

tuk temen2 semua sorry nih saya mo tanya sesuatu.

pertanyaan pertama
seandainya rumah kita kedatangan tamu yang mempunyai kedudukan yang tinggi direkturkah (misalnya direktur AKPER), bupati kah, camer kah (calon mertua maksudnya…, ataukah pak presiden SBY (eh ntar dulu, lagian ngapain pak presiden mo nyamperin rumah kita kayak nggak ada kerjaan laen aja).. de el el, kira kira apa yang temen2 lakukan untuk menyambut beliau2 seandainya beliau2 benar benar akan datang ke rumah anda????

pertanyaan kedua
apa yang akan temen2 lakukan tuk menyambut tamu yang bukan saja manusia yang memuliakannya tapi Allah (pencipta manusia seperti pak presiden, pak bupati dan pak direktur), rasulullah muhammad juga memuliakannya yaitu bulan Ramadhan yang dimana tamu mulia ini bentar lagi akan datang. lalu kira kira apa yang akan kita lakukan untuk menyambut bulan ramadhan ini????

pertanyaan tiga
seandainya saya (fahmy) mo maen ke rumah temen2, kira kira apa yang akan temen2 lakukan???

segitu aja yah… mohon jawabannya
jazakallah

Iklan
Oleh: FAHMY | 25 Juni 2009

MARHABAN YA RAMADHAN

assalamualaikum wr wb

wah tak terasa ya kita telah memasuki bulan RAJAB, berarti itu artinya bulan yang mulia yang di dalamnya penuh dengan barokah yaitu RAMADHAN  hampir tiba ” ALLAHUMMA BARIKLANA FII RAJAB WA SYA’BAN WA BALLIGHNAA RAMADHAN. YA ALLAH BERKAHILAH KAMI DI BULAN RAJAB DAN SYA’BAN DAN SAMPAIKANLAH KAMI DI BULAN RAMADHAN.

kalau ada salah dan khilaf yang pernah saya lakukan baik itu disengaja maupun tidak disengaja mohon dibukakan pintu maafnya.

Oleh: FAHMY | 19 April 2009

AKHIRNYA…….

Assalamualaikum wr wb

Al hamdulillah akhirnya selesai juga assignment dan exam kali ini. wah tapi masih ada assignment2 dan exam berikutnya (kasiaaaan deh gua). Namun bisa sedikit relax sekarang, ya menghirup udara bebas dengan nyaman… hmmmmmmm…

Habis exam ada liburan dong??? ya iyalah ada liburan, namun liburannya seminggu doang. pelit amat tuh kampus ngasih liburan cuman seminggu, dua bulan kek biar bisa relaxnya lama.

ngomong2 tentang liburan. kemaren liburannya bertepatan dengan EASTER (apa tuh EASTER…????) waduh gak tau tuh apa tuh EASTER, coba deh searcing di google sendiri. nah saat liburan/ EASTER lalu bertepatan dengan PEMILU. ya pemilu 9 April 2009. kebetulan waktu itu saya dan temen2 diminta menjadi seksi salah satu partai (sorry salah ketik saya ralat bukan seksi tapi saksi salah satu partai). partai apa coba??? tebak ndiri ya…??? agak berat juga tuk jadi saksi ni partai. Sebelum hari H kita adakan MABIT bersama tuk mendekatkan diri pada Allah. sehari sebelum hari H kita di haruskan sholat berjamaah di masjid terdekat (wah ini yang terberat karena kebetulan saat musim dingin, masjidnya kan jauh), membaca doa Al ma’tsurat pagi dan petang dan qiyamullail. emang sih kegiatan semacam itu sering banget dilakukan ma temen2 yang berada di dalam ni partai. sehingga klo ada statement yang men judge bahwa ni partai hanya nyari kekuasaan belaka ternyata salah besar… ya.. salah besar. di tengah kesibukan beliau2 masih meluangkan waktu tuk mentarbiyah diri dengan berbagai kegiatan harian, mingguan bulanan sampe tahunan. tak ada dana se sen pun mereka dapatkan bahkan mereka2 harus menggocek kantung sendiri tuk kelangsungan dakwah ni partai (mudah2an segala yang di perbuat dapat memperberat timbangan amal di akherat kelak, amiin). itu dilakukan bukan hanya saat pemilu saja tapi itu adalah kegiatan rutin yang di lakukan di hari, minggu, bulan dan tahun yang laen. (afwan bukannya membanggakan suatu golongan, namun sungguh segala dukungan dan apresiasi akan saya berikan demi tegaknya dien ini).  islam begitu besar sehingga tak mungkin di ibaratkan hanya dalam lingkup individu, kelompok golongan de el el.

Kembali ke topik, saat hari H pemilu, kami berangkat ke TPS masing masing. kebetulan saya dapet di city. ternyata saya adalah satu2nya saksi yang berada dalam TPS ku. ya.. dari keseluruhan TPS tdi negara ini ernyata hanya satu partai yang mengirimkan saksinya (partai apa tuh…?????). wah agak kerepotan juga karena TPS tempatku harus share dengan TPS lain dalam satu ruangan. Ruangan yang selain tak begitu luas juga hanya memiliki satu pintu. sehingga menghabiskan banyak waktu dan energy tuk menyeting nih ruangan agar bisa di pake dua TPS. akhirnya dengan segala keterbatasan pemilu pun di mulai. dari sekian banyak DPT ternyata 95% nya bermata sipit semua bahkan ada yang terbata2 menggunakan bahasa indonesia (sehingga memakai bahasa inggris). ya… peserta pemilu adalah warga indonesia keturunan. sungguh saya salut dengan antusias mereka2 tuk mengikuti pemilu. tua, muda bahkan kakek kakek yang renta pun sempat sempatnya membawa istrinya (nenek2) dengan kursi roda. di lain pihak, agak miris juga mengetahui temen temen yang notabene memiliki muka yang ke indo indoan ( jawa, sunda, sumatra de el el) yang gak mau mengikuti pemilu alias GOLPUT di karenakan cuek (tentunya saya hargai juga, karena mungkin ada alasan tuk tidak ikut pemilu).

Banyak peserta yang datang menanyakan cara tuk memilih, dimana pemilu sekarang dengan cara mencontreng bukan lagi mencoblos.  ternyata para pemilih pun hampir tidak mengetahui kalo pemilihan kali ini adalah untuk memilih caleg bukan tuk memilih presiden. satu figur yang laris manis di tanyakan tuk di pilih yang notabene adalah bakal calon presiden bukan calon  anggota legislative (yang kelak dalam penghitungan memenangkan partai yang di bawanya). walaupun sebagai saksi ternyata kita juga melakukan pekerjaan pekerjaan layaknya panitia PPS (mungkin panitianya tau kalo kita kita nie gak bakalan curang).

Singkat cerita, ketika penghitungan suara ternyata TPS ku di menangkan oleh partai lain. namun Alhamdulillah, partai nie meskipun di negeri non muslim ternyata menempati urutan ke dua.

Semoga segala jerih payah yang di keluarkan bisa memperberat timbangan pahala di akherat kelak. siapapun orangnya dan apapun golongannya selagi kita masih bersahadat yang sama yaitu Laa ilaha illallah muhammadarrasulullah maka kita adalah saudara. kita memiliki satu tujuan yaitu tegaknya Al islam.

Oleh: FAHMY | 13 Februari 2009

KEMATIAN

Assalamualaikum wr wb.

Saat sholat jum’at, diri ini ini tertegun ketika mendengar pengumuman dari pihak mushola yang mengadakan sholat jum’at bahwasannya di mohon dengan kerelaan hati untuk para jamaah sholat jum’at agar melaksanakan sholat jenazah setelah sholat jum’at. diumumkan ada dua saudara kita seiman meningggal dunia. ya diri ini tertegun karena boleh jadi saat ini yang diumumkan pihak musholah adalah orang lain yang nggak kita kenal, namun bisa jadi saat jum’at depan atau jum’at2 selanjutnya nama kita yang disebutkan. ya..kematian,  sesuatu yang paling dekat dengan kita, dan bukankah semua mahluk yang bernyawa pasti akan mengalami mati. lalu, bekal apa yang telah saya siapkan bila kematian datang menjelang. bagaimana diri ini mempertanggung jawabkan segala perbuatan selama hidup. adakah amal unggulan yang yang dapat dibanggakan, ataukah… ah…. ya Allah berikan husnul khotimah padaku ya Allah. sungguh kematian adalah sebagai pelajaran terbaik.

wassalamualaikum wr wb.

Oleh: FAHMY | 10 Februari 2009

GHIBAH

assalamu’alaikum wr wb

Ghibah dapat menghancurkan silaturrahim. betapa tidak, dengan hanya mendengar, persepsi kita pada seseorang langsung berubah (membenci, memusuhi dll).

Bagi seorang muslim, bila mendengar aib atau sesuatu yg buruk tentang saudara muslim lainnya maka lakukanlah pembenaran/ pembelaan minimal sebanyak 30 kali sebelum mengatakan bahwa saudaranya itu memang melakukan kesalahan. Yah…Positif thingkinglah/ berhusnuzonlah minimal sebanyak 30 kali tentang saudara kita itu dan barulah kita mengiyakan bahwa dia melakukan kesalahan karena kekhilafannya.

ada satu cerita, seorang ikhwah yang membicarakan ikhwan lainnya di karenakan dia melihat bahwa ikhwah tersebut memiliki kendaraan bagus padahal baru saja menjadi anggota dewan, ternyata ketika mereka bertabayyun langsung kepada ikhwah yang bersangkutan mereka terharu dan minta maaf karena ternyata mobil mewah yang ada pada ikhwah tersebut adalah milik temennya yang dititipkan dikarenakan dia ada keperluan mengunjungi saudaranya yang jauh.

Bila kita menginstrospeksi diri kita, sungguh betapa banyak dosa dan maksiat yang kita lakukan tetapi Allah menutupinya sehingga kita sendiri yang malah membuka aib kita atau aib saudara kita.

Ada satu kisah di zaman nabi musa. saat itu terjadi kemarau yang sangat panjang sehinggga nabi musa mengumpulkan kaumnya untuk melakukan sholat minta hujan. namun hujan tak kunjung datang. kemudian datang malaikat memberitahukan bahwa Allah tidak akan menurunkan hujan di karenakan dosa satu orang, hujan tak akan turun sebelum orang yang bersangkutan mengakui dosanya. kemudian nabi musa bangkit dan berseru adakah diantara kalian yang memiliki dosa sehingga Allah tak berkenan menurunkan hujan sebelum dia mengakuinya. beliau berseru beberapa kali namun tak kunjung ada yang berdiri dan mengakui dosanya. kemudian tiba tiba datang hujan deras. nabimusa berkata belum lagi ada yang berdiri dan mengakui dosanya kenapa hujan bisa turun, Allah menjawab melalui malaikatnya bahwa aku tutupi dosa hambaku ketika dia bermaksiat sehingga manamungkin aku buka dosa hambaku itu saat dia bertaubat.

Wallahu a’lam bishshowab.

wassalamu’alaikum wr wb

Oleh: FAHMY | 3 Februari 2009

DARURAT

Assalamualaikum wr wb.

afwan, ngambil judulnya darurat. ini tidak ada hubungannya dengan  hospital atau emergency2 laennya. ceritanya gini: saya ada temen orang jepang yang tak beragama, kebetulan kita pernah tinggal 1 rumah dengannya sekitar 3 mingguan dan mereka sering bertanya tanya tentang islam seperti makanan halal, pray, god de el el (setelah kita sedikit beri penjelasan tentunya), yah karena saat kita serumah dulu, kita jauh dari pemukiman dan tidak ada yang muslim selain kami dan saat itu juga kami gak punya access untuk bertanya ataupun  menemukan sumber2 yg berhubungan dg islam (buku dsb) sehingga kami hanya memberikan penjelasan seadanya. kayaknya sih mereka tertarik dan saat kami berpisah kami sempat memberi mereka Alquran dengan terjemahan b. inggris (namun gak tau tuh di baca atau gak tuh Al-quran).

Yang sekarang ingin saya sampaikan adalah bahwa besok pagi mereka akan maen ke rumahku selama 1 atau 2 hari. bisa jadi pertemuan kali ini adalah pertemuan terahir karena mereka mengatakan akan balik ke negara asal beberapa bulan lagi (bisa jadi beberapa minggu lagi). Sehingga mohon masukan dan sarannya kira kira info apa yang bisa kami sampaikan pada mereka yang mudah2an mereka semakin tertarik pada islam dan mudah2an hidayah  Allah datang mengajak mereka pada dien ini (islam). jazakallah atas sarannya, dan mohon maaf bila ada yg tak berkenan.

wassalamualaikum wr wb.

Oleh: FAHMY | 1 Februari 2009

MABIT

Assalamualaikum Warohmatullah wabarokaatuh

Saat lagi enak enaknya blog walking dan membaca postingan temen temen, saya di kejutkan dengan bunyi HPku, ya…rupanya temenku menelepon dan mengabarkan sesuatu.

Temenku : “Assalamualaikum, lagi dimana antum”
Saya : “Waalaikumussalam, ane di rumah lagi makan dan maen internet”
Temenku : “antum gak MABIT”
Saya : ” MABIT ??? dimana??gak tau tuh???
Temenku : ” Mabit di Mushola punchbowl, ya udah pokoknya segera siap siap sebentar lagi ane jemput” .
Saya : “InsyaAllah, tapi sejam lagi yah, tanggung lagi makan dan maen internet nih”.

Seketika itu juga terpikir barang2 yang harus di bawa seperti : sleeping beg dan bantal (dua hal ini penting demi kenyamanan saat mabit (tidur maksudnya…), trus Al-quran, doa Al ma’tsurat, buku catatan plus bolpoin dan peralatan mandi.

Diibaratkan batre hati ini butuh energy yaitu dengan cara di charger. Charger hati tentunya dengan Tausiah2 untuk mendekatkan diri pada Allah dan dengan berzikir serta qiyamullail dan juga Muhasabah diri menimbang amal dan maksiat yang telah kita lakukan. Selain itu juga perlunya membaca Alqur’an tuk melembutkan hati. Dan ini semua bisa di dapat dalam MABIT. Walaupun hal ini bisa dilakukan sendiri di rumah, namun akan terasa beda ketika dilakukan bersama sama. Karena selain dapat dijadikan ajang silaturrahim, MABIT juga bisa menumbuhkan keislaman kita karena kita merasa bahwa kita tidak sendiri. Bukankah islam harus berjamaah, hanya kambing yang lepas dari kelompoknyalah yang bakal di terkam serigala. Sungguh sangat beruntung diri ini memiliki sahabat yang senantiasa mengajak pada kebaikan, sahabat yang bisa di ajak bersama2 untuk saling nasehat menasehati dalam kebaikan dan kesabaran. Sehingga tinggal dikomunitas/ diantara orang 2 mukmin dan deket tempat ibadah adalah pilihan yang paling utama.

Mohon doanya, agar kami senantiasa ISTIQOMAH pada dien ini. Doakan kami agar dapat mewarnai dan tidak terwarnai oleh lingkungan yang jauh dari islami ini, doakan kami agar dipertemukan dengan orang2 yang senantiasa mendekatkan diri pada Allah dan mudah2an kita semua dapat berkumpul dalam surganya Allah, Amiin.

Wassalamualaikum wr wb.

Oleh: FAHMY | 31 Januari 2009

FATWA MUI MEROKOK HARAM

Assalamualaikum wr wb.

Ketika mengunjungi blog saudara2ku banyak ku temukan postingan tentang fatwa MUI yang mengharamkan merokok, dan itu menimbulkan pro dan kontra, sehingga timbul keinginan tuk menuliskan beberapa poin yang saya tahu (mohon koreksinya???) tentang merokok:

1. ketika islam meyuruh untuk “bertanya pada ahlinya??” ternyata para ahli (kedokteran) sepakat bahwa rokok merusak kesehatan dan bisa menimbulkan kematian.

2. merokok dapat menimbulkan kematian sehingga orang yang merokok mencoba bunuh diri sedangkan bunuh diri dalam islam sangat jelas hukumnya.

3.perokok active menzolimi perokok pasif, data menunjukan perokok pasif 3x lipat lebih beresiko terkena penyakit paru2 dan menimbulkan kematian.

4. merokok perbuatan mubazir sedang mubazir perbuatan syaitan.

5. penyumbang terbesar buat yahudi datang dari perusahaan rokok, sedang kita tahu apa yang dilakukan yahudi saat ini kepada saudara kita di palestine (merusak dan membantai). sehingga membeli rokok sama dengan menyumbang ke yahudi.

6. pecandu rokok tidak dapat berfikir/ berkreasi tanpa rokok. ini menunjukan ketergantungan perokok pada rokok yang notabene adalah mahluk. orang mukmin hanya boleh bergantung pada Allah. sehingga perokok bisa jadi syirik karena bergantung pada mahluk yang bernama rokok. sedang kita tahu hukum syirik dalam islam, naudzubillah.

wallahua’lam bishshowab.

sekedar share, mohon koreksinya???

Wassalamualaikum wr wb.

Oleh: FAHMY | 28 Januari 2009

TERIK MATAHARI

Assalamualaikum wr wb.

Saat liburan kemaren saya dan temen2 mencoba bekerja di kebun. Yah di kebun, tepatnya di kebun anggur. Selain mendapatkan uang kita juga bisa holiday di sekitar daerah ini sambil menikmati luasnya bumi Allah ini.

Pada suatu siang hari di tengah kebun saat sedang bekerja, saya dan temen temen mengeluh dengan panasnya udara di siang itu. Ya sangat panas apalagi buat kami yang mana kesehariannya kami habiskan didalam ruangan kelas. Di siang itu kira kira saat suhu udara mencapai 38 0 C. Betapa tersiksanya kami dengan suhu udara saat itu. Salah seorang teman mengatakan bahwa suhu udara Esok hari akan lebih panas dari hari ini yaitu mencapai 40-410 C, dia mendapatkan informasi itu melalui prakiraan cuaca di televisi. Sehingga kami meminta pada pemilik kebun untuk bekerja sampai jam 12 siang saja berhubungan dengan cuaca yang tidak bersahabat. Sehingga jadilah keesokan harinya kami hanya bekerja sampai jam 12 siang yang sedianya selesai jam 16.00. sepulang kerja kami langsung kembali ke rumah. didalam rumah kami tersiksa dengan suhu udara hari ini karena memang suhu udara begitu panas. Betapa tidak, kami hanya memiliki 1 buah kipas angin kecil yang di pake bersama dalam satu rumah. udara yang keluar dari kipas pun adalah udara panas, ya..sangat panas. Ada teman yang creative menyiram halaman rekeliling rumah namun tidak membantu sama sekali. Ya.. udara tetap panas dan tak menyenangkan. Sampai sampai dua buah lemari es besar dan sebuah freezer yang sengaja kami buka pintunya biar sedikit mendinginkan udara di dalam rumahpun tak berpengaruh sama sekali, meskipun kami taruh kipas angin kecil kami didalam freezer yang penuh dengan es batu dengan harapan udara dinginnya bakal keluar pun sia sia. Beberapa dari kami bahkan ada yang sampai mimisan (keluar sedikit darah dari hidung).

Alangkah kagetnya kami ketika melihat prakiraan cuaca di TV bahwa esok hari suhu udara akan mencapai 430 C dan di kota bisa mencapai 460 C. Sudah kebayang betapa tersiksanya kami dengan suhu 400 C ini apalagi suhu 430 C – 460 C (wah wah wah gak mati sama balanda malah bisa mati karena kepanasan nih…), kami enggak mau ambil resiko sehingga keesokan harinya setelah pulang kerja jam 12.00 kami langsung melesat menuju supermarket yang tersedia AC tentunya (wah ngapain ke supermarket) dan kembali kerumah di sore harinya (kok bisa ke supermarket cuman nongkrong doang???ya jelas bisa lah namanya juga orang indo…haha).

Sungguh kami mendapatkan pelajaran dari ini semua, betapa kami sangat sengsara dengan suhu 400C ini, padahal suhu di dunia ini tidak ada apa apanya jika dibandingkan dengan panasnya api neraka yang bahan bakarnya dari batu di akherat kelak, yang sengaja di sediakan buat orang2 yang durhaka dan mengingkari Allah serta bagi orang2 yang senantiasa melakukan dosa dan maksiat. Sempat terbayang juga bagaimana panasnya padang mahsyar yang konon jarak kepala kita dan matahari hanya sejengkal saja. Lalu bekal apakah yang kita siapkan untuk menghadapi panasnya padang mahsyar, bekal apakah yang kita siapkan untuk menghindari panasnya api neraka. “Ya Allah diri ini tak layak kesurgamu tapi tidak pula aku sanggup ke nerakamu. Ampunkan dosaku, terimalah taubatku Sesungguhnya Engkaulah Pengampun dosa-dosa besar”. Ampuni kami ya Allah, amiin.

Wassalamualaikum wr wb.

Mildura, 04 januari 2009

Oleh: FAHMY | 27 Januari 2009

assalamualaikum wr wb

Assalamualaikum wr wb.
Alhamdulillah segala piji bagi Allah tuhan semesta alam. Semoga sholawat dan salam senantiasa tercurahlimpahkan kepada junjungan nabi kita Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang senantiasa mengikuti ajarannya.

Mudah2an postingan kali ini mendapati sobat semua dalam puncak keimanan kepada Allah dan senantiasa dalam lindungan Allah, amiin.

Alhamdulillah, terimakasih atas doanya sehingga saya dapat kembali dari liburan ini dalam keadaan sehat dan bisa mengakses internet lagi tentunya. Terimakasih juga saya ucapkan atas segala silaturrahimnya, mudah2an kita termasuk kedalam golongan orang2 yang senantiasa saling nasehat menasehati dalam kebaikan dan saling nasehat menasehati dalam kesabaran serta menjadi orang yang senantiasa menjaga tali silaturrahim, amiin.

Wassalamualaikum wr wb.

Older Posts »

Kategori